Tuesday, August 26, 2008

Memelihara emosi


Emosi memang bukan bagian fisik dari tubuh kita. Namun kondisi emosi dapat mempengaruhi kondisi fisik secara menyeluruh. Emosi yang tidak stabil dapat menyebabkan kerusakan hati, gagal jantung, hingga kematian.

Merasa senang dapat memperlancar peredaran darah, mempertahankan elastisitas kulit atau lebih dikenal dengan awet muda.

Sangat tepat jika Rosulullah Saw sangat menganjurkan untuk murah senyum, karena ia dapat memotivasi hati untuk terus merasa senang.

Cara yang tepat untuk manajemen emosi ialah dengan cara mengekspresikannya melalui kegiatan fisik, tentu saja dengan pemilahan perbuatan fisik yang tidak merugikan. Jika kita sedang marah sehingga aliran darah terasa panas dan otot mengejang diikuti rasa ingin menendang dan memukul. Cobalah pergi ke suatu tempat dan lampiaskan, baik melalui olah raga seperti memukul bola, dll.

Bahkan saking kesalnya, hingga terasa ingin berteriak, cobalah menyelam ke dalam air dan berteriak sepuas mungkin. emosi yang terekspresi akan membuat hati lega. tetapi jangan ambil tindakan atau keputusan dalam keadaan emosi tersebut yang kita belum tahu pasti untung dan ruginya. Berteriak di dalam air, sepertinya tidak ada ruginya. Tapi membentak pembantu kita yang bekerja tidak becus menurut kita, siapa tahu nanti menimbulkan penyesalan.

No comments:

Post a Comment

Saran anda sangat membantu demi perbaikan blog ini. Terima Kasih.