Wednesday, October 22, 2008

Membangun Motivasi Diri

Saya tertarik dengan apa yang dilakukan oleh seorang guru agama yang bertugas di SMP N 1 Sungai Keruh, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Indonesia.

Beliau membiasakan memajang hasil setiap ulangan harian ataupun tugas rumah yang didapat oleh siswanya di dinding kelas. Nilai terus diupdate setiap minggunya dan dibuatkan indeks prestasi kumulatif.

Ternyata hal tersebut mampu memicu semangat belajar anak didiknya. dan dia berhasil menanamkan kesadaran pada anak didiknya bahwa keberhasilan yang mereka dapatkan nantinya bukanlah suatu undian, tetapi didapatkan dengan kerja keras.

Dengan adanya nilai tersebut, para siswa bisa memantau perkembangan diri pribadinya. untuk tahu dia naik kelas atau tidak nantinya, ia dapat menebak dari pergerakan nilainya dari minggu ke minggu, hingga habis semester.

hal ini juga dapat mengurangi kekecewaan siswa jika jika ternyata gagal dalam pelajarannya, karena ia sudah tahu kelemahannya sejak awal. Dan sangat membantu untuk mendidik siswa supaya tidak memengkambing-hitamkan orang lain terhadap kegagalan yang ia peroleh nantinya, dan merasa bangga jika berhasil, karena itu merupakan upaya yang ia lakukan dengan kerja keras dari minggu- ke minggu hingga akhir semester.

Semoga kita bisa membangun motivasi untuk diri kita sendiri.

No comments:

Post a Comment

Saran anda sangat membantu demi perbaikan blog ini. Terima Kasih.